Selasa, 23 Maret 2010

Proposal KKN Tasikmalaya

 

DESKRIPSI KEGIATAN

 
 

 


A. Judul

Smart Education Model: Model Pemberdayaan Masyarakat Pasca Bencana Gempa Bumi Tasikmalaya di Desa Pusparaja, Kecamamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

 

B. Lokasi

Dusun Maleer, Dusun Babakan, Dusun Pasanggrahan, dan Dusun Tanjung.

 

C. Bidang Kegiatan Program KKN PPM  

  1. Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan
  2. Peningkatan Kesehatan Masyarakat
  3. Peningkatan Produksi Pertanian dan Kehutanan
  4. Pengembangan Sarana dan Prasarana
  5. Pengelolaan Lingkungan
  6. Perbaikan Tata Kelola

 

D.     Latar Belakang

http://photos-h.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash1/hs261.ash1/18831_1229943746294_1160127300_1690787_2656625_n.jpgGambar 1                                                                        Gambar 2           

 

Gambar-gambar di atas diambil langsung oleh tim Kuliah Kerja Nyata-Pelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada di Desa Pusparaja, Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya, Jawa Barat. Gambar 1 merupakan sisa puing puing bangunan sekolah di Desa Pusparaja yang rusak akibat gempa yang melanda Tasikmalaya pada hari Kamis, 3 September 2009 silam. Gambar 2 adalah gambar sekolah sementara yang dibangun di ibukota Kecamatan Cigalontang (Desa Jayapura).

Layaknya pedesaan di Indonesia yang serba minim dengan keterbatasannya terutama terkait dengan akses pendidikan, diperparah dengan gempa yang melanda pada tahun lalu, mendorong tim Kuliah Kerja Nyata-Pelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) untuk berkarya di Desa Pusparaja, Tasikmalaya. Dengan berbagai keterbatasan akan interaksi ke dunia luar membuat desa ini seakan terisolasi. Selain itu, terpaan gempa yang terjadi tahun lalu ikut merobohkan gedung sekolah yang ada di desa tersebut. Hingga saat kami melakukan survey di lokasi, bangunan sekolah yang ambruk tersebut belum selesai dibangun kembali 100 persen.

 Berdasarkan data pemerintah Kecamatan Cigalontang per Januari 2010, Desa Pusparaja berpenduduk penduduk 4.321 jiwa, didominasi oleh mereka yang berpendidikan Sekolah Dasar (SD) yakni 1.935 jiwa, SMP sebanyak 646 jiwa, SMA sebanyak 112 jiwa, dan penduduk yang berpendidikan S1 hanya ada 21 orang. Disinyalir, banyak penduduk Desa Pusparaja yang belum memenuhi Program Wajib Belajar Sembilan Tahun. Hal ini didasarkan pada pembacaan data dimana sangat banyak sekali penduduk yang berpendidikan Sekolah Dasar yakni ada 1.935 jiwa, artinya ada sekitar 44,78% dari total penduduk Pusparaja. Padahal jika dilihat data berdasarkan kelompok usia di Desa Pusparaja maka hanya ada sekitar 606 jiwa yang berusia 5--15 tahun (kelompok wajib belajar 9 tahun). Kesimpulannya ada selisih sekitar 1329 (68,7%) yang hanya berpendidikan SD, sehingga masih banyak penduduk Desa yang belum memenuhi Program Wajib Belajar Sembilan Tahun. Apalagi kini menurut data yang disampaikan oleh Drs Endang Kosasih (Kepala Desa Pusparaja) masih ada sekitar 155 penduduk Desa Pusparaja yang masih belum bisa membaca dan menulis.

Di samping itu, sarana pendidikan yang ada di Desa Pusparaja  hanya memiliki empat sekolah dasar yang tersebar di setiap dusun. Sedangkan, untuk jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) hanya ada satu sekolah di desa tersebut. Sarana fisik lainnya pun seperti perpusatakaan sangatlah tidak memadai. Berdasarkan pemaparan di atas terbukti bahwa pemerataan pendidikan masih belum menyentuh masyarakat Desa Pusparaja, Kecamatan Cigalontang Tasikmalaya khususnya dalam Program Wajib Belajar 9 Tahun dan pemberantasan buta aksara.

Melihat permasalahan pendidikan yang telah dipaparkan di atas, oleh karena itu pelaksanaan KKN PPM 2010 terfokus pada bidang pendidikan dengan mengusung tema besar yakni pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan. Dalam melakukan pemberdayaan masyarakat nantinya maka KKN-PPM 2010 Tasikmalaya ini akan mengusung Smart Education Model sebagai bagian dari Education for Sustainable Development dengan tujuan akhir menyukseskan Program Wajib Belajar 9 Tahun dan pemberantasan buta aksara agar penduduk Pusparaja menjadi penduduk yang smart (cerdas) sesuai model pembelajaran KKN PPM ini

Jauh ke dalam tujuan esensial dari program ini adalah upaya pemberdayaan guru, siswa, dan masyarakat. Pemberdayaan sendiri dimaksudkan adalah pemberian ”energi Iklim yang akan dibangun adalah energize atau katakan memberi energi, sedangkan arti luasnya adalah memberi energi agar yang bersangkutan mempu untuk bergerak secara mandiri (Gunawan Sumodiningrat dan Riant Nugroho, 2005:112). Iklim yang akan dibangun dalam KKN-PPM ini adalah iklim pembelajaran yang kondusif, sehingga melalui program  diharapkan tercipta kemandirian dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat. Dalam upaya menciptakan etos belajar yang tinggi dalam memperjuangkan pendidikan yang layak secara mandiri.

***

Permasalahan lainnya seperti yang diutarakan oleh Drs Yayat Hidayat (Camat Cigalontang yang menaungi Desa Pusparaja) adalah sedang terjangkitnya penyakit demam berdarah (DB) di Desa Jayapura yang sewaktu waktu mungkin bisa menyebar ke Desa Pusparaja yang hanya berjarak beberapa kilo meter. Sedangkan Drs Endang Kosasih—Kepala Desa Pusparaja—mengutarakan keinginannya bahwa penduduk Desa diberikan pemahaman mengenai pembelajaran kesehatan baik itu melalui pemanfaatan tanaman keluarga maupun tata cara hidup sehat lainnya.

Sistem keamanan di masyarkat pun belum memadai, hal ini diperlihatkan salahsatunya oleh pos siskamling yang rusak dan tidak berfungsi. Hal ini mungkin dikarenakan akibat gempa bumi. Padahal peran siskamling sangatlah strategis khusunya dalam siaga jika terjadi bencana ataupun keamanan di Desa Pusparaja.

Desa Pusparaja juga memiliki potensi yang luar biasa pada sektor pertanian. Luas area sawah mencapai 350.400 hektare. Dan ada sekitar 925 jiwa yang bekerja sebagai petani dan ada sekitar 336 jiwa sebagai buruh tani. Potensi yang ada harus bisa ditingkatkan dan salahsatu masalah yang dihadapi petani adalah vakumnya Koperasi Unit Desa yang ada di kecamatan karena memiliki banyak hutang padahal Koperasi memiliki peranan yang sangat sentral dalam membantu perekonomian penduduk.

Secara penduduk, selain memiliki potensi modal sosial yang baik karena masih dalam wilaah yang memiliki adat istiadat dan budaya bekerjasama yang baik, Desa Pusparaja juga memiliki potensi sebagai daerah yang memiliki Spiritual Capital yang tinggi. Paling tidak hal ini didasarkan adanya pondok pesantren sekaligus secara bersamaan 100 persen penduduk Desa Pusparaja beragama Islam. 

Masalah masalah lainnya adalah permasalahan yang ada pada hutan lindung gunung Raja yang seringkali tidak diindahkan oleh para penebang liar dimana jika dibiarkan hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan longsor dan akan memberikan kerugian bagi penduduk sekitar hutan lindung gunung Raja.

Dengan melihat permasalahan permasalahan lanjutan yang ada diatas berdasarkan survei yang sudah dilakukan oleh tim KKN-PPM UGM maka dapat disimpulkan bahwa ada beberapa permasalahan seputar kesehatan, kesiagaan dalam mengantisipasi bencana, optimalisasi kemandirian ekonomi, tata kelola administrasi pemerintahan yang belum baik, sehingga mendorong tim KKN-PPM merumuskan kembali program pendukung untuk mendukung program utama (pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan) yakni juga diambil dari Smart Education Model. Kali ini kata Smart sendiri merupakan akronim dari beberapa huruf, diantaranya:

Text Box: S = Sehat dan SiagaM = MandiriA = Anti KorupsiR = ReligiT = Terpadu
 

 

 

 

 

 


Smart Education Model merupakan role model dari program KKN-PPM 2010 dimana yang Smart Education Model bertujuan untuk memberikan tidak hanya nilai pembelajaran (learning), tetapi juga nilai manfaat (rewarding) dan nilai pengkayaan (enriching) bagi para pelajar sekaligus penduduk Desa Pusparaja.

Dalam melaksanakan kegiatan  KKN-PPM Mahasiswa ini, tim kami bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Cigalontang, Pemerintah Desa Pusparaja, dan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Hingga selesainya penyusunan proposal ini, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya belum mengetahui besaran bantuan yang akan diikutsertakan dalam KKN-PPM karena belum ada keputusan resmi. Instansi lain yang akan diusahakan menjadi mitra kerja KKN-PPM 2010 ini adalah Departemen Sosial RI dan Departemen Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Adapun kelompok sasaran dari KKN-PPM UGM Tasikmalaya ini adalah:

  1. Penduduk kelompok usia 7-15 tahun (Kelompok Program Wajib Belajar 9 Tahun)
  2. Penduduk kelompok usia 0-7 tahun (Kelompok Program Pendidikan Usia Dini)
  3. Penduduk Desa Pusparaja yang masih buta aksara (155 jiwa)
  4. Kelompok usaha tani
  5. Perangkat Desa Pusparaja
  6. Masyarakat umum

 

E. Tujuan

1.      Bagi masyarakat

a)      Meningkatkan keikutsertaan penduduk Desa Pusparaja dalam Program Wajib Belajar 9 Tahun

b)      Mengurangi secara signifikan (100%) penduduk Pusparaja yang masih belum bisa membaca dan menulis (buta aksara) dari sekitar 155 jiwa.

c)      Memberikan nilai tambah bagi penduduk desa Pusparaja melalui smart education model dimana kata smart adalah akronim dari sehat dan siaga; mandiri; anti korupsi; religi; dan terpadu.

2.      Bagi Universitas

a)      Menjalankan KKN sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu aspek pendidikan, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat.

b)      Menjadikan UGM sebagai kampus yang siap berkontribusi bagi masyarakat bangsa dan negara

  1. Bagi Mahasiswa

a)      Menjadi sarana pembelajaran untuk meningkatkan kepekaan terhadap masalah-masalah yang timbul di masyarakat, menganalisis dan menyelesaikan masalah tersebut dengan program-program yang sesuai melalui penerapan ilmu yang didapatkan mahasiswa selama kuliah.

b)      Terwadahinya kolaborasi antar disiplin ilmu dalam memecahkan suatu permasalahan di masyarakat.

c)      Meningkatkan kemampuan komunikasi dan sosialisasi mahasiswa dengan masyarakat.

4.      Bagi Pemerintah Daerah

a)      Ikut serta memudahkan program kerja pemerintah

b)      Memberikan masukan saran bagi pemerintah dalam melakukan kebijakan

c)      Memberikan dukungan aktif terhadap upaya pengembangan wilayah kerja pemerintah pasca benca gempa bumi

 

F. Hasil Yang Diharapkan

1. Produk Kegiatan KKN PPM

Kata smart yang ada pada Smart Education Model juga merupakan sebuah harapan akhir dari KKN Tasikmalaya 2010, dimana program-program dirinci sebagai berikut:

a)      Smart (Pintar), diharapkan Desa Pusparaja memiliki sumberdaya manusia yang semakin pintar, minimal tidak ada lagi yang buta aksara dan memiliki semangat untuk berpendidikan lebih tinggi (minimal wajib belajar 9 tahun).

b)      Desa Sehat, diharapkan Desa Pusparaja memiliki penduduk yang semakin menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekitar agar memiliki kualitas kesehatan yang baik.

c)      Desa Siaga, diharapkan penduduk Desa Pusparaja selalu siaga dalam menghadapi bencana alam yang sulit diprediksi dan siaga dalam menjaga lingkungan sekitar Desa.

d)      Desa Mandiri, diharapkan desa Pusparaja memiliki penduduk yang semakin mandiri dan kreatif dalam melakukan aktifitas ekonomi baik pertanian maupun sektor lainnya.

e)      Desa Anti Korupsi, diharapkan Desa Pusparaja memiliki penduduk yang sadar akan bahaya korupsi dan perangkat desa yang rapih dalam pelaporan administrasi.

f)        Desa Religi, diharapkan Desa Pusparaja memiliki penduduk yang semakin religius dalam segala bentuk aktiftas bermasyarakat.

g)      Desa Terpadu, diharapkan KKN Tasikmalaya memiliki keterpaduan program dengan program desa, kecamatan, dan daerah sehingga diharapkan akan adanya saling keterpaduan antar program.

 

2. Hasil Tema KKN PPM

    KKN-PPM 2010 ini dimana mengusung tema pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan maka hasil yang diharapkan adalah menurunkan tingkat penduduk yang belum bisa membaca dan menulis sehingga akan meningkatkan indeks pembangunan manusia, disamping itu hasil tema KKN-PPM ini diharapkan dengan smart education model ini akan memperbanyak penduduk yang berpendidikan tinggi, memiliki kualitas kesehatan yang jauh lebih baik disamping itu memiliki pengetahuan terkait dengan bagaimana meningkatkan perekonomian.

 

G. Lingkup Program KKN PPM

1.    Kelompok Sasaran

Untuk melaksanakan program program tersebut maka akan terbagi dalam beberapa bidang diantaranya bidang pendidikan, bidang kesehatan masyarakat, bidang ekonomi masyarakat/ peningkatan produksi (pertanian, peternakan, perikanan), bidang pengembangan insfatruktur fisik.

a)   Bidang Pendidikan

Bidang pendidikan ini merupakan bidang untuk melaksanakan program desa smart (pintar), desa siaga, desa anti korupsi, desa religi dan desa terpadu. Adapun sasaran dalam bidang ini secara spesifik untuk program desa smart dan desa anti korupsi adalah kelompok usia 7-15 tahun (Kelompok Program Wajib Belajar 9 Tahun), penduduk kelompok usia 0-7 tahun (Kelompok Program Pendidikan Usia Dini), penduduk Desa Pusparaja yang masih buta aksara (155 jiwa), dan perangkat desa terkait dengan pendidikan administrasi keuangan.

b)   Bidang Kesehatan Masyarakat

             Sasaran untuk kelompok ini adalah para ibu rumah tangga di desa Pusparaja dengan rincian program kerja misalnya menanam tanaman obat keluarga. Disamping itu sasaran lainnya adalah para pelajar SD, SMP, dan SMA untuk rincian rencana terkait dengan bahaya merokok dan menggunakan obat obatan terlarang. Bidang kesehatan masyarakat ini adalah bagian untuk menyukseskan program desa sehat yang dicanangkan oleh KKN-PPM 2010 Tasikmalaya.

c)   Bidang  Ekonomi/Peningkatan Produksi

             Bidang ekonomi atau peningkatan produksi ini adalah bidang dengan maksud mencapai tujuan akhir program desa mandiri. Bidang ekonomi ini akan menyasar penduduk Desa Pusparaja yang sudah bekerja semisal di sektor mayoritas penduduk yakni pertanian agar mampu meningkatkan produktifitas kerja dan hasil. Bidang ini juga menyasar penduduk yang belum memiliki keterampilan agar mampu mandiri.

d)      Bidang Lingkungan

Bidang lingkungan merupakan program pendukung utama yang memang didasarkan akan kebutuhan di lapangan. Bidang lingkungan akan berbasis pendidikan ke masyarakat khususnya yang dekat dengan hutan lindung Gunung Raja agar menjaga kelestarian hutan.

e)      Bidang Tata Kelola

Bidang tata kelola dikhususkan kepada perangkat desa agar dapat memperdalam terkait dengan sistem administrasi yang baik.

f)        Bidang Pengembangan Sarana dan Prasarana

  Sasaran Kelompok ini adalah warga secara umum. Tujuannya adalah memberikan fasilitas pendukung bagi aktivitas masyarakat, terutama terkait perwujudan program desa smart (pintar) (contoh pembangunan perpustakaan desa) dan desa siaga (pembangunan pos siskamling desa).

 

 

2.  Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi partisipatif KKN PPM

ü      Pengumpulan Data

                Dalam pengumpulan data, dilakukan observasi dan in-depth interview kepada beberapa pihak yang sudah dilakukan diantaranya dengan Pemerintah Daerah Tasikmalaya bidang yang diwakili asisten 3 Bupati Tasikmalaya, bagian data statistik Bappeda, Camat Cigalontang, dan Kepala Desa Pusparaja. Wawancara lainnya adalah kebeberapa warga penduduk Desa Jayapura dan Desa Pusparaja.

ü      Analisis Data dan Identifikasi

                Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di lapangan banyak ditemukan berbagai permasalahan yang sekiranya dapat dicarikan solusinya. Diketahui bahwa salahsatu kerusakan terparah desa adalah bangunan sekolah yang diperparah oleh sarana prasarana penunjang pendidikan yang belum memadai semisal perpustakaan.

ü      Inovasi

                Mengupayakan education for sustainable development melalui smart education model yang memang berbasiskan pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan merupakan inovasi program KKN-PPM 2010 yang rencananya akan dilaksanakan untuk menghasilkan nilai tambah desa sebagai desa Pusparaja yang SMART (Smart (pintar), siaga bencana dan keamanan, sehat, Mandiri, Anti korupsi, Religi, dan Terpadu). 

ü      Formulasi Program

Program yang akan dilaksanakan meliputi program utama, program penunjang dan program terpadu. Program kegiatan utama terfokus dalam beberapa bidang khususnya yang mendukung KKN PPM Tasikmalaya 2010 dengan tema utama pendidikan dan judul ‘SMART Education Model: Model Pengembangan Masyarakat Pasca Bencana Gempa Bumi Tasikmalaya di Desa Pusparaja, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya’. Adapun program kegiatan utama akan dibagi ke dalam beberapa bidang diantaranya bidang peningkatan sumberdaya manusia (sosial budaya), bidang kesehatan masyarakat, bidang sarana dan insfrastruktur, lingkuangan dan tata kelola.

Mengenai program utama akan dijelaskan pada metode program KKN tematik sedangkan, program penunjang antara lain Program pendukung KKN PPM 2010 di desa Pusparaja ini merupakan program situasional disesuaikan dengan kebutuhan diantaranya adalah peningkatan produksi penduduk Desa.

Sedangkan program terpadu merupakan rangkaian program yang akan dilaksanakan dalam satuan unit dan berada di luar lingkup disiplin studi mahasiswa KKN Tematik diantaranya yang memungkinkan adalah agenda HUT RI 2010 dan agenda rangkaian Ramadhan Desa Pusparaja.

ü      Evaluasi Monitoring

                Melakukan evaluasi dan monitoring aktifitas secara periodik terhadap program yang ditetapkan.

 

H. Operasionalisasi Program KKN PPM

1. Persiapan dan Pembekalan

  • Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan KKN-PPM

Mekanisme pelaksanaan dalam kegiatan ini dapat dikelompokkan menjadi 3 tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Tahapan persiapan mencakup pengumpulan informasi dasar yang diperlukan terkait lokasi, sasaran, dan analisis potensi permasalahan, pembekalan calon peserta KKN, serta penyiapan pra-kondisi bagi pelaksanaan KKN di lokasi. Berikut penjabaran tahapan-tahapan yang perlu/sudah dilakukan khususnya tahapan persiapan KKN-PPM ini:

a.       Kordinasi Awal (1 Februari 2010)

Kordinasi awal ini diawali untuk menyamakan persepsi mengenai rencana KKN-PPM 2010 ini dimana KKN-PPM ini diketuai oleh Prof. Dr. Gunawan Sumodiningrat, M.Ec., Ph.D yang saat ini menjabat sebagai staf ahli Menteri Sosial Republik Indonesia dan pernah menjabat sebagai Dirjen Pemberdayaan Sosial Republik Indonesia.

b.      Survey I     (3 Februari 2010)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      

Survey perdana ini dilakukan untuk memperoleh informasi awal mengenai kondisi daerah bencana pasca gempa bumi di Tasikmalaya. Perolehan informasi diperoleh dari beberapa instansi, sebagai berikut :

1.      Bapak Munawar selaku Asisten Administrasi Umum Pemda Tasikmalaya

2.      Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tasikmalaya dengan kabid sub data statistik Bapak Yono

 

 

 

 

 

 

 

 

Jajaran Bappeda Pemkab Tasik

3.      Dinas Pariwisata Daerah Kabupaten Tasikmalaya (Saudari Nur)

4.      Camat Cigalontang, Bapak Yayat Hidayat

Adapun, hasil dari survey pertama tersebut, antara lain :

1.      Memperoleh informasi mengenai pusat gempa bumi Tasikmalaya yang lalu yakni Kecamatan Cigalontang.

2.      Memperoleh gambaran secara umum terkait dengan beberapa desa diantaranya desa Jayapura yang termasuk Kecamatan Cigalontang

c.       Survey II (4 Februari 2010)

Survei tahap ke-2 ini untuk mengurus perizinan survei dengan Kesbang (Kesatuan Bangsa dan Linmas) Kabupaten Tasikmalaya. Hasil dari survey ke-2 ini adalah memperoleh perizinan resmi dari Kesbang yang langsung ditandatangani oleh Kepala Kantor Kesbang dan Linmas Kasi Tanbang dan Peningkatan SDM yakni bapak IIK Hikmat Husein, SE.

d.      Survey III (5 Februari 2010)         

Survei tahap ke-3 ini berkunjung kembali ke kantor Kecamatan Cigalontang. Dari staf Camat didapatkan data data mengenai kondisi penduduk dari segi kelompok umur, pendidikan, pekerjaan, agama dan kewarganegaraan setiap penduduk desa yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Cigalontang. Selanjutnya survey ke  Kepala Desa Pusparaja yakni Bapak Endang Kosasih yang rencananya akan dijadikan tempat KKN PPM Tasikmalaya 2010.

  • Materi Persiapan dan Pembekalan KKN-PPM

Materi persiapan dan pembekalan KKN-PPM 2010 memerlukan beberapa persiapan dan pembekalan yang diperlukan anggota tim yang akan melaksanakan program KKN-PPM 2010. Materi persiapan dan pembekalan KKN-PPM 2010 ini dibagi menjadi 3: pra pelaksanaan, masa pelaksanaan, pasca pelaksanaan.

    • Pra Pelaksanaan
      • Wawasan mengenai urgensi pendidikan bagi pengembangan masyarakat
      • Pengetahuan mengenai bagaimana proses pemberdayaan masyarakat secara baik dan menyeluruh
      • Materi mengenai keberhasilan program KKN-PPM yang telah terjadi pada tahun sebelumnya dan memiliki tingkatan keberhasilan pelaksanaan yang baik
      • Memberikan pengetahuan terkait dengan kendala pelaksanaan program KKN-PPM pada tahun sebelumnya yang dikatakan kurang berhasil dalam program pelaksanaan
    • Masa Pelaksanaan
      • Wawasan mengenai local wisdom orang orang Sunda pada umumnya
      • Wawasan mengenai tata kelola pemerintahan desa
      • Pengawasan secara indirect maupun direct terhadap KKN PPM
    • Pasca Pelaksanaan
      • Materi mengenai laporan pertanggungjawaban program pelaksanaan KKN-PPM
      • Bimbingan penyusunan laporan pertanggungjawaban KKN-PPM 2010
  • Jadwal Pelaksanaan Kegiatan KKN-PPM

 

No

Nama Pekerjaan

(Bidang)

 

Program

Juli

Agustus

Pekan

Pekan

1

2

3

4

1

2

3

4

1

 

Keberangkatan, observasi ulang desa dan fixasi program kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

Sosialisasi program kerja & Pengorganisasian sub unit bersama masyarakat

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan

(Desa Smart)

Pendidikan

Anak Usia Dini

 (PAUD)

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemberantasan

buta aksara

(baca dan tulis)

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembentukan

kelompok belajar masyarakat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengadaan guru bantu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perbaikan perpustakaan dan pengadaan buku bacaan

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan papan pengumuman jam belajar desa Pusparaja

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan

papan informasi

media massa

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelatihan Trauma Healing

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelatihan siaga bencana

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Peningkatan Kesehatan Masyarakat (Desa Sehat)

Pengadaan dan pelatihan tanaman obat keluarga

(TOGA)

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyuluhan mengenai dampak rokok, narkotika dan obat obatan terlarang

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyuluhan kesehatan reproduksi, family planning, bahaya AIDS

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyuluhan

Kesehatan

lingkungan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelayanan kesehatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan tempat sampah terpisah

organik dan unorganik

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan tempat pembungan sampah akhir

(TPA)

 

 

 

 

 

 

 

 

Perbaikan MCK di pusat desa sebagai contoh standar MCK yang baik

 

 

 

 

 

 

 

 

Demonstrasi cara menyikat gigi dan cuci tangan yang benar

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Peningkatan Produksi Pertanian dan Kehutanan

Pelatihan dan

pembuatan kompos buatan alami

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengenalan dan aplikasi pestisida alami

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyuluhan Kelompok Tani

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengolahan hasil pertanian komoditas lokal

Desa Pusparaja

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyuluhan oleh Dinas Pertanian dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan mengenai konservasi lahan daerah dataran tinggi

 

 

 

 

 

 

 

 

Reboisasi dan pelestarian hutang lindung gunung Raja

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatanpapan-papan

Peringatan kawasan larang tebang

 

 

 

 

 

 

 

 

Restrukturisasi

Koperasi Unit Desa

(KUD)

 

 

 

 

 

 

 

 

Peta dan maket arahan Tata Guna Lahan

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Pengembangan Sarana dan Prasarana

Pengembangan sarana dan prasarana rumah ibadah

 

 

 

 

 

 

 

 

Perbaikan

sarana dan prasarana

olahraga desa

 

 

 

 

 

 

 

 

Perbaikan posko siskamling Desa Pusparaja

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan

papan nama tiap dusun Desa Pusparaja

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan papan nomor tiap rumah penduduk Desa Pusparaja

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan peta potensi wisata Desa Pusparaja dan Desa sekitarnya

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan Website Potensi desa pusparaja dan sekitarnya

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Perbaikan Tata Pamong dan Tata Kelola

Pelatihan sistem administrasi keungan pemerintahan desa

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosialisasi

pendidikan

anti korupsi

 

 

 

 

 

 

 

 

8

Porgram Terpadu

Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

Bersih Pusparaja

 

 

 

 

 

 

 

 

Bakti Sosial

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan agenda bulan Ramadhan 1430 Hijriah

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

Kepulangan dan perpisahan Tim KKN-PPM UGM

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        

2.   Pelaksanaan

Kegiatan ini dibagi dalam beberapa tahap, yakni :

1.      Tahap persiapan dan pembekalan peserta

a.       Persiapan peserta dimulai dengan pencarian informasi dan data-data yang dibutuhkan selama pelaksanaan kegiatan.

         2. Tahap implementasi program, terdiri atas :

a.   Sosialisasi program dan pendekatan

Sosialisasi program pada warga untuk menyelaraskan antara program yang dimiliki dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat.

b. Penyuluhan

Penyampaian materi baik secara lisan maupun tertulis supaya maksud dan tujuan kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

c. Praktek Lapangan

Kelompok sasaran diajak berlatih dan praktek langsung mengaplikasikan materi yang telah diberikan saat penyuluhan. Praktek lapangan juga meliputi kerja-kerja teknis baik peserta KKN (mahasiswa) maupun masyarakat sekitar dalam melakukan konservasi ataupun membangun sarana dan prasarana fisik.

          3. Tahap Evaluasi

Tahap evaluasi dilakukan dengan cara merekapitulasi semua hasil monitoring program selama ini, kemudian menentukan apakah pelaksanaan program-program tersebut sudah sesuai dengan target yang diharapkan atau tidak. Tahap evaluasi juga termasuk merencanakan dan melakukan uji kelayakan program lanjutan dari masing-masing bidang kegiatan.

 

Sedangkan untuk pelaksanaan program KKN PPM ini dirancang volume pekerjaan dalam bentuk Jam Kerja Efektif Mahasiswa (JKEM) sebagai berikut :

Tabel Jam Kerja Efektif Mahasiswa (JKEM)

 

No

Nama Pekerjaan

(Bidang)

 

Program

 (JKEM)

Keterangan

1

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan

(Desa Smart)

Pendidikan

Anak Usia Dini

 (PAUD)

540 jam

30 orang x 18 jam (1,5 jam pertemuan x 2 kali seminggu x 6 minggu masa program)

Pemberantasan

buta aksara

(baca dan tulis)

540 jam

30 orang x 18 jam (1,5 jam pertemuan x 2 kali seminggu x 6 minggu masa program)

Pembentukan

kelompok belajar masyarakat

360 jam

30 orang x 12  jam (2 jam pertemuan x 1 kali seminggu x 6 minggu masa program)

 

Pengadaan guru bantu

 

540 jam

30 orang x 18 jam (1,5 jam pertemuan x 2 kali seminggu (mata pelajaran IPA, IPS, Bahasa Inggris, Seni dan Keterampilan) x 6 minggu masa program)

Perbaikan perpustakaan dan pengadaan buku bacaan

128 jam

16 orang x 8 jam ( 4 jam seminggux 2 minggu masa program)

Pembuatan papan pengumuman jam belajar desa Pusparaja

96 jam

16 orang x 6 jam ( 3 jam seminggux 2 minggu masa program)

Pembuatan

papan informasi

Media massa

128 jam

16 orang x 8 jam ( 4 jam seminggux 2 minggu masa program)

Trauma healing

240 jam

15 orang x 2 jam x 4 tempat pelaksanaan x 2 kali masa program

Pelatihan siaga bencana

240 jam

15 orang x 2 jam x 4 tempat pelaksanaan x 2 kali masa program

2

Peningkatan Kesehatan Masyarakat (Desa Sehat)

Pengadaan dan pelatihan tanaman obat keluarga

(TOGA)

240 jam

24 orang x 10 jam ( 2,5 jam seminggu x 4 minggu program)

Penyuluhan mengenai dampak rokok, narkotika dan obat obatan terlarang

120 jam

24 orang x 5 jam ( 2,5 jam seminggu x 2 minggu program)

Penyuluhan kesehatan reproduksi, family planning

120 jam

24 orang x 5 jam ( 2,5 jam seminggu x 2 minggu program)

Pelayanan Kesehatan

180 jam

30 orang x 6 jam (2 kali selama program KKN-PPM)

Penyuluhan

Kesehatan

Lingkungan

150 jam

30 orang x 5 jam ( 2,5 jam seminggu x 2 minggu program)

Pembuatan tempat sampah terpisah

Organik dan unorganik

180 Jam

30 orang x 6 jam (3 jam seminggu x 2 masa minggu program)

Sosialisasi penggunaan tempat sampah organik dan unorganik

64 jam

16 orang x 1 jam x 4 dusun

Pembuatan tempat pembuangan sampah akhir (TPA)

144 jam

15 orang x 9 jam ( 3 jam seminggu x 3 minggu masa program)

Perbaikan MCK di pusat desa sebagai contoh standar MCK yang baik

200 jam

20 orang x 10 jam ( 5 jam seminggu x 2 minggu masa program)

Demonstrasi cara menyikat gigi dan cuci tangan yang benar

144 jam

12 orang x 12 jam (2 jam x  4 minggu masa program (6 sekolah))

3

Peningkatan Produksi Pertanian dan Kehutanan

Pelatihan dan

pembuatan kompos buatan alami

144 jam

12 orang x 12 jam( 4 jam seminggu x 3 minggu masa program)

Penyuluhan oleh Dinas Pertanian dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan mengenai konservasi lahan daerah dataran tinggi

128 jam

8 orang x 16 jam(2 jam seminggu x 2 masa program x 4 dusun)

Pengenalan dan aplikasi pestisida alami

 

144 jam

12 orang x 12 jam( 4 jam seminggu x 3 minggu masa program)

Penyuluhan Kelompok Tani

192 jam

12 orang x 16 ( 4 jam seminggu x 4 minggu masa program)

Pengolahan hasil pertanian komoditas lokal

Desa Pusparaja

120 jam

20 orang x 6 jam (2 jam seminggu x 3 minggu program)

Reboisasi dan pelestarian hutang lindung gunung Raja

600 jam

30 orang x 20 jam (5 jam seminggu x 4 minggu masa program)

Pembuatanpapan-papan

Peringatan kawasan larang tebang

120 jam

10 orang x 12 jam ( 4 jam selama 3 hari)

Restrukturisasi

Koperasi Unit Desa

(KUD)

120  jam

10 orang x 12 jam (4 jam seminggu x 3 minggu masa program)

Peta dan maket arahan Tata Guna Lahan

120 jam

10 orang x  12 jam (4 jam seminggu x 3 minggu masa program)

4

Pengembangan Sarana dan Prasarana

Pengembangan sarana dan prasarana rumah ibadah

90 jam

15 orang x 6 jam (3 jam seminggu x 2 minggu masa program)

Perbaikan

sarana dan prasarana

Olahraga desa

90 jam

15 orang x  6 jam (3 jam seminggu x 2 minggu masa program)

Perbaikan posko siskamling Desa Pusparaja

180 jam

15 orang x  12 jam (6 jam seminggu x 2 minggu masa program)

Pembuatan

papan nama tiap dusun Desa Pusparaja

160 jam

20 orang x 8 jam (4 jam seminggu x 2 minggu program)

Pembuatan papan nomor tiap rumah penduduk Desa Pusparaja

320 jam

20 orang x  16 jam (4 jam seminggu x 4 minggu masa program)

Pembuatan peta potensi wisata Desa Pusparaja dan Desa sekitarnya

180 jam

10 orang x 18 jam (6 jam seminggu x 3 minggu masa program)

Pembuatan website potensi Desa Pusparaja dan Desa sekitarnya

336 jam

8 orang x  42 jam (2 jam sehari x 7 hari seminggu x 3 minggu masa program)

5

Perbaikan Tata Pamong dan Tata Kelola

Pelatihan sistem administrasi keuangan pemerintahan desa

90 jam

10 orang x 9 jam (3 jam seminggu x 3 minggu masa program)

Sosialisasi

pendidikan

anti korupsi

120 jam

30 orang x 4 jam (1 jam x 4 dusun x 4 minggu masa program)

6

Program Terpadu

Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia

360 jam

30 orang x 12 jam ( 6 jam H-+ 6 jam hari H HUT RI)

Bersih Pusparaja

270 jam

30 orang x 9 (4,5 jam seminggu x 2 minggu masa program)

Bakti sosial

120 jam

30 orang x 1 kali x 4 jam

Pelaksanaan agenda bulan Ramadhan 1430 Hijriah

336 jam

28 orang x 12 jam

( selama 1-2 minggu Ramadhan)

Jumlah JKEM

8694 Jam

Rata Rata JKEM (30 orang)

8694/30 orang = 289.8 jam/orang

 

 

      3. Rencana Keberlanjutan Program

            Setelah program KKN-PPM ini berlangsung terutama setelah terealisasikannya program utama, pendukung dan terpadu diharapkan tingkat pemberdayaan masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan meningkat sehingga menciptakan multiplier effect yang positif bagi bidang bidang lainnya. Keberlanjutan program ini bisa dilakukan oleh tim KKN-PPM UGM berikutnya dan juga lembaga mitra. Harapannya program ini menjadi program bagian penting dalam perencanaan pembangunan desa pasca bencana oleh pemerintah daerah setempat.

 

I. Monitoring dan Evaluasi Program

Mekanisme dan evaluasi pelaksanaan program tercantum dalam Lampiran 2.

 

J. Tempat dan Jadwal Pelaksanaan

1. Tempat Pelaksanaan KKN PPM

Lokasi pelaksanaan Kegiatan Tematik Mahasiswa dengan judul “SMART Education Model: Model Pemberdayaan Masyarakat Pasca Bencana Gempa Bumi Tasikmalaya, Desa Pusparaja, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat”

 No

Dusun

Desa/Kelurahan

Kecamatan

Kabupaten

1

Maleer

Pusparaja

Cigalontang

Tasikmalaya

2

Babakan

Pusparaja

Cigalontang

Tasikmalaya

3

Pasanggrahan

Pusparaja

Cigalontang

Tasikmalaya

4

Tanjung

Pusparaja

Cigalontang

Tasikmalaya

 

2. Waktu Pelaksanaan KKN PPM

Rencana program dan Kegiatan KKN-PPM Mahasiswa ini dilaksanakan pada periode KKN PPM antar semester, yaitu pada bulan Juli hingga Agustus 2009. Alokasi waktu untuk kegiatan sebagai berikut:

 

No

Uraian Kegiatan

Waktu Kegiatan

1

Persiapan

a.       Pencarian anggota KKN

b.      Pencarian data-data

c.       Pembuatan proposal

d.      Survey I

e.       Pencarian dana

f.        Training anggota

 

Desember 2009 – Januari 2010

Desember 2009 – Februari 2010

Februari 2010

Februari 2010

Maret-Juni 2010

Maret – Juni 2010

2

Pelaksanaan KKN Tematik

Juli– Agustus 2010

3

Penarikan diri dari KKN dan Penyelesaian Pembuatan laporan

Akhir Agustus 2010

September 2010

 

K.  Pembiayaan

Uraikan sumber dan jumlah dana yang digunakan, rencana pengeluaran, dan rincian pembiayaan tercantum dalam Lampiran 3.

 

L.      Tim Pelaksana Program KKN PPM

      L.1. Institusi pengusul

Tim KKN PPM UGM Tasikmalaya 2010

Bersama dengan Prof. Dr. Gunawan Sumodiningrat (Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Staf Ahli Menteri Sosial RI) sebagai ketua tim KKN-PPM Tasikmalaya, Dra. Wiwien Widyawati R., M.A. (Dosen FIB UGM) sebagai Dosen Pembimbing Lapangan, sedangkan Rizky Febriana dan Roky Kartiko sebagai anggota tim. Tim KKN-PPM Tasikmalaya merancang sebuah kegiatan Kuliah Kerja Nyata dengan judul SMART Education Model: Model Pemberdayaan Masyarakat Pasca Bencana Gempa Bumi Tasikmalaya, Desa Pusparaja, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat”

           

      L.2. Lembaga mitra kerja

Wilayah Kabupaten Tasikmalaya secara geografis berada di sebelah tenggara wilayah Propinsi Jawa Barat, dengan batas-batas wilayah :

Sebelah Utara

Kab. Majalengka,Ciamis,Kota Tasikmalaya

Sebelah Barat 

Kab. Garut

Sebelah Timur

Kab. Ciamis

Sebelah Selatan

Samudera Indonesia

 

Secara geografis terletak antara 107° 56' BT - 108°8' BT dan 7° 10' LS - 7° 49' LS dengan jarak membentang Utara Selatan terjauh 75 Km dan arah Barat Timur 56,25 Km. Luas keseluruhan sebesar 2.563,35 Km2.Sebagian besar wilayahnya berada pada ketinggian antara 0 - 1.500 m diatas permukaan laut yang membentang dari arah utara dan yang terendah kearah selatan.

Sebagian kecil wilayahnya yaitu 0,81 % berada pada ketinggian diatas 1.500 m, keadaan iklim umumnya bersifat tropis dan beriklim sedang dengan rata-rata suhu di dataran rendah antara 20°-34° C dan di dataran tinggi berkisar 18°-22° C. Curah hujan rata-rata 2,072 mm/tahun, jumlah hari hujan rata-rata 82 hari.

 

Visi Kabupaten Tasikmalaya

“TASIKMALAYA YANG RELIGIUS/ISLAMI, SEBAGAI KABUPATEN YANG MAJU DAN SEJAHTERA, SERTA KOMPETITIF DALAM BIDANG AGRIBISNIS DI JAWA BARAT TAHUN 2010”

 

Misi Kabupaten Tasikmalaya

1.    MEWUJUDKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERIMAN DAN BERTAQWA SERTA BERAKHLAQUL KARIMAH

2.    MEWUJUDKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS DAN MANDIRI.

3.    MEWUJUDKAN KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN PEMERINTAHAN  YANG BERSIH

4.    MEWUJUDKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH MELALUI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS DENGAN DIDUKUNG OLEH SEKTOR LAIN

5.    MEWUJUDKAN TATA RUANG DAN PENGELOLAAN PERTANAHAN YANG BERKESINAMBUNGAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

1 komentar: